Tes Air Sumur Tidaklah Susah Langsung Dapat Di Coba

By | 17/06/2020

Tes Air Sumur Tidaklah Susah Langsung Dapat Di Coba Dengan Cara Sederhana Ini.

Tes air sumur dengan metode sederhana ini namun akurat serta mudah dilakukan. Anda pasti pernah bertanya tanya, layakkah air sumur di rumah untuk di konsumsi ? Untuk anda yang tinggal di pedesaan jelas tentu jauh dari polusi limbah. Pemukiman yang jarak rumah penduduk satu dengan penduduk lainnya masih di bilang wajar bahkan jauh. Beda hal itu bila anda tinggal di pemukiman padat serta jarak rumah satu dengan yang lainnya berdekatan. Jarak rumah yang berdekatan sangat menentukan kualitas air sumur pada umumnya di  rumah anda. Hal ini karena dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya limbah tampungan kotoran ( Septic Tank ), saluran air, dan mungkin pembuangan sampah bahkan limbah sisa produksi.

Baca juga : Rental alat berat terpercaya

Untuk tinggal di perumahan atau komplek hal yang sering di keluhkan saat ngebor sumur umumnya air yang di hasilkan tidak bersih bahkan ada yang berwarna kuning berbau besi. Alhasil walapun sukses ngebor namun air tidaklah layak untuk di konsumsi. Berikut akan kita bantu jawab keraguan yang mungkin selama ini anda cari jawabannya, tentang cara tes air sumur.

Secara sederhana dan bahkan semua orang mampu untuk melakukan pengetesan air sumur . Berikut ini adalah tata cara serta bahan yang diperlukan untuk melakukan pengetesan air sumur yang ada di tempat anda.

Tata cara serta bahan yang diperlukan untuk tes air sumur adalah :

  • Siapkan wadah atau gelas bening atau tembus pandang
  • Teh celup atau teh serbuk secukupnya
  • Air sumur yang akan dilakukan pengetesan

Cara pengetesan air sumur ( cek air sumur ) :

  • Isi gelas bening dengan air sumur yang baru di keluarkan dari mesin penyedot air atau pompa air.
  • Tidak usah direbus ( harus air tanpa dimasak )
  • Masukkan serbuk teh atau teh celup yang telah kita sediakan tadi
  • Aduk agar teh larut dalam air sumur
  • Tunggu serta diamkan air beberapa saat kurang lebih 1 jam
  • Hasil yang akan nampak dengan kasat mata, air yang telah dikasih teh jika tetap berwarna orange layaknya teh pada umumnya, berarti air sumurnya bagus.
  • Namun jika air yang telah dikasih teh tadi berubah warna menjadi ungu serta tidak nampak air teh layaknya menyeduh teh, dipastikan air tanah tersebut tidak dapat langsung di konsumsi, harus melalui beberapa tahab pengolahan penyaringan. Air tetep dapat digunakan untuk mencuci atau untuk menyiram tanaman.
  • Air yang berwarna ungu umumnya berbau besi serta jika di diamkan beberapa lama ( semalaman di bak penampungan ) akan berubah keruh dan meninggalkan bekas noda di keramik.

Demikian tadi hanya cara sederhana untuk cek kualitas air sumur namun hanya secara kasat mata. Untuk lebih detailnya tentang kualitas air sumur di rumah, anda harus melakukan uji lab agar lebih detail kualitas air sumur rumah anda.

Jangan lupa share info bermanfaat ini, supaya semua orang dapat serta mampu meraih manfaatnya, terimakasih.

 

Baca juga info lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *